MUI Minta Wahabi Hargai Kearifan Lokal Dan Berdakwah Dengan Lebih Santun dan Beradab

Islamsantri - Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Cholil Nafis menghimbau kepada para penceramah agar selalu mengedepank...

Islamsantri - Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Cholil Nafis menghimbau kepada para penceramah agar selalu mengedepankan narasi-narasi damai, menghargai pluralitas dan perbedaan organisasi ditengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan KH. Cholil Nafis untuk menanggapi banyaknya penolakan Ustad-ustadz Wahabi termasuk yang baru-baru ini terjadi dan dialami Firanda Andirja di  Masjid Al-Fitrah, Keutapang II, Banda Aceh, Kamis (13/6) malam.

"Ini bisa mejadi bahan muhasabah bagi para dai agar lebih berhati-hati untuk menyampaikan dakwah, tahu situasi dan kondisi, karena dakwah itu tidak hanya menyampaikan kebenaran, tapi ada metode dan media penyampaian kebenaran, itu harus disesuaikan dengan local wisdom kearifan lokal," Himbaunya seperti ditulis Kumparan 14 Juni 2019.

Kiai Cholil menambahkan, statement-statemen yang disampaikan ustad itu mungkin cocok bagi kelompoknya, tapi tidak cocok bagi kelompok lain sehingga membuat ketersinggungan, oleh karena itu, hal-hal yang sifatnya khilafiyah (perbedaan pendapat), furu'iyah, itu bisa disampaikan dengan lebih santun, lebih beradab," ujar Cholil

Selain kepada penceramah, KH. Cholil Nafis juga menghimbau masyarakat akan tetap mengedepankan hukum dan tidak bertindak sendiri.

"Jadi kalau ada hal-hal yang tidak setuju, maka bisa dilakukan koordinasi dengan aparat, dengan penegak hukum dan pihak keamanan, karena khawatir nanti menjadi pemicu antar pendukung sehingga bisa menimbulkan hal yang fatal hadirnya keamanan setelah terjadi kericuhan seperti itu" imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, masyarakat Aceh menolak dan membubarkan pengajian Firanda karena dianggap tidak sesuai dengan ajaran-ajaran Ahlussunnah Waljama'ah. 

Dalam sebuah video yang beredar di Sosial Media, seorang tokoh warga aceh menjelaskan kepada pihak keamanan, bahwa mereka menolak Wahabi salah satunya karena menurut pemahaman Wahabi, Ibunda dan Ayahanda Nabi Muhammad Kafir dan masuk neraka.

"Kami tidak mau menerima orang-orang yang memvonis ayahanda dan ibunda nabi kafir. Firanda (itu) memvonis ibunda dan ayahanda nabi dalam neraka, kami tidak bisa terima ini" Ungkap tokoh dalam video.

Masyarakat Aceh sudah lama melihat video-video Firanda di Youtube yang berisi ceramah-ceramah provokatif dan sering menyalahkan amaliyah madzhab lain sehingga dikhawatirkan akan membuat konflik ditengah masyarakat

"Jadi Pasca pemilu ini, kita tidak menginginkan Banda Aceh ini pertumpahan darah gara-gara Wahabi. Kalo masalah akidah, kita semua orang berakidah ini, kalo mengajarkan agama, gag usahlah ke Aceh" Ungkapnya.

Sementara itu, dikutip dari bbc.com,  Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Muslim Ibrahim, membenarkan bahwa memang ada warga yang tidak setuju dengan kehadiran Ustaz Firanda, dengan alasan pendakwah tersebut "lebih dekat ke aliran Wahabi, sementara yang banyak dianut di Aceh adalah Ahlus Sunnah Wal Jamaah".

"Kami dengar informasi dari luar, misalnya dari rekaman-rekaman (video) dan sebagainya, (isi ceramah Firanda) lebih cenderung ke apa yang diistilahkan sebagai Wahabi," kata Muslim Ibrahim kepada BBC News Indonesia, hari Jumat (14/06).

"Daripada kacau nanti di masyarakat setelah ada ceramahnya, masyarakat meminta agar tak sembarangan mengizinkan penceramah dari luar, yang belum diketahui apa alirannya, agar tak terjadi kekacauan di masyarakat," katanya.

COMMENTS

Name

Amalan,1,Artikel,43,Berita,99,Hikmah,6,HTI,1,Kajian,7,Kisah,3,Pesantren,2,Pondok Pesantren,1,Resensi,1,Situs Para Wali,3,Ulama,7,wahabi,9,
ltr
item
Islam Santri: MUI Minta Wahabi Hargai Kearifan Lokal Dan Berdakwah Dengan Lebih Santun dan Beradab
MUI Minta Wahabi Hargai Kearifan Lokal Dan Berdakwah Dengan Lebih Santun dan Beradab
https://1.bp.blogspot.com/-H40DhjXR3Yo/XQR_aI36aaI/AAAAAAAAAzk/sSbJzxU_p04EEUaB-5GRnoWJ4QXz7Gk3wCLcBGAs/s320/Aceh-tolak-wahabi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-H40DhjXR3Yo/XQR_aI36aaI/AAAAAAAAAzk/sSbJzxU_p04EEUaB-5GRnoWJ4QXz7Gk3wCLcBGAs/s72-c/Aceh-tolak-wahabi.jpg
Islam Santri
http://www.islamsantri.com/2019/06/mui-sarankan-wahabi-lebih-santun-dan.html
http://www.islamsantri.com/
http://www.islamsantri.com/
http://www.islamsantri.com/2019/06/mui-sarankan-wahabi-lebih-santun-dan.html
true
1277566646578759398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy