PWNU NTB: Loteng Basis NU, Jangan Paksakan Nama Bandara

Foto: koranmerah.com Islamsantri.com - Penetapan nama Bandara Internasional Zaenuddin Abdul Majid menciptakan polemik di tengah masyara...

Foto: koranmerah.com
Islamsantri.com - Penetapan nama Bandara Internasional Zaenuddin Abdul Majid menciptakan polemik di tengah masyarakat. Tak hanya masyarakat biasa yang bersuara, kalangan pemuka agama dan tokoh organisasi islam ikut angkat bicara.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Nahdlatul Ulama NTB, TGH. Ahmad Taqiuddin Mansur menyerukan penolakan terhadap nama bandara tersebut. Alasannya, nama tersebut tidak aspiratif dan hanya untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu. Bukan kepentingan warga masyarakat yang menjadi tempat bandara tersebut berdiri.

“ Kita sayangkan, kita sesalkan dan kita tolak karena tidak aspiratif. Tidak ada musyawarah dengan para tokoh di Lombok Tengah. Harusnya semua pihak dikumpulkan untuk membahas nama ini.” Ungkap Taqiuddin.

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Taklimussubbiyan Bonder ini, langkah Gubernur NTB dan Pemerintah Pusat dalam menetapkan nama bandara ini adalah tindakan ceroboh dan tidak menghargai kearifan masyarakat sekitar yang mana tanahnya dijadikan bandara.

“ Saya juga warga lingkar bandara. Saya juga punya tanah disana yang dijadikan bandara.” Katanya.

Selain itu, disisi lain, nama Tuan Guru Zaenuddin Abdul Majid sangat identik dengan Nahdlatul Wathan yang basisnya berada di Lombok Timur. Sementara, warga lingkar bandara dan Lombok Tengah adalah basis NU, sehingga secara psikologis malah akan mengundang konflik antar organisasi.

“ Warga lingkar bandara itu jamaah NU, Lombok Tengah adalah basis NU. Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah adalah orang NU. ” Tegasnya.

Namun demikian, menurut Taqiuddin, penolakan nama ZAM ini bukan berarti tidak menghargai Zaenudin Abdul Majid sebagai Tuan Guru yang kharismatik dan berjasa di bidang pendidikan. Namun harus ada pertimbangan matang yang disesuikan dengan kondisi masyarakat yang menjadi tempat beradanya bandara.

“ Kita menghormati Maulana Syech, tapi tidak pas menjadi nama bandara dengan pertimbangan itu tadi.” Pungkasnya.
Sebelumnya, nama Landasan Udara TNI AU juga telah ditetapkan dengan nama TGKH. Zaenudin Abdul Majid. 

Kondisi ini yang membuat sebagian warga tak setuju Bandara Internasional Lombok kembali dinamakan dengan nama yang sama.

Berita ini hanya terusan dari Koran Merah dengan alamat Link : 
http://www.koranmerah.com/2018/09/06/ketua-dpw-nu-ntb-loteng-basis-nu-jangan-paksakan-nama-bandara-simak-lengkapnya/

COMMENTS

Name

Amalan,1,Artikel,25,Berita,62,Hikmah,4,Kajian,5,Kisah,2,Pesantren,1,Situs Para Wali,1,Ulama,3,wahabi,7,
ltr
item
Islam Santri: PWNU NTB: Loteng Basis NU, Jangan Paksakan Nama Bandara
PWNU NTB: Loteng Basis NU, Jangan Paksakan Nama Bandara
https://4.bp.blogspot.com/-GeDy8gXXEKY/W5E2SGzAFhI/AAAAAAAAAek/Dain8fO-P9s1l3CH8dRF8LXjG3u01ppAgCLcBGAs/s320/bandara-lombok.png
https://4.bp.blogspot.com/-GeDy8gXXEKY/W5E2SGzAFhI/AAAAAAAAAek/Dain8fO-P9s1l3CH8dRF8LXjG3u01ppAgCLcBGAs/s72-c/bandara-lombok.png
Islam Santri
http://www.islamsantri.com/2018/09/ketua-dpw-nu-ntb-loteng-basis-nu-jangan.html
http://www.islamsantri.com/
http://www.islamsantri.com/
http://www.islamsantri.com/2018/09/ketua-dpw-nu-ntb-loteng-basis-nu-jangan.html
true
1277566646578759398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy