Rentan Direkrut Kelompok Radikal, Mahasiswa Harus Dimita Waspada

Penyebaran paham radikalisme agama semakin berkembang ke berbagai lapisan masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa yang selama ini menj...

Radikalisme-mahasiswa
Penyebaran paham radikalisme agama semakin berkembang ke berbagai lapisan masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa yang selama ini menjadi bagian paling strategis dalam mengajak kalangan muda ini untuk bergabung bersama kelompok yang secara mayoritas dipandang sebagai kelompok radikal Islam.

Demikian isu strategis difokuskan dalam acara Seminar yang bertajuk “Mencegah Kekerasan Atas Nama Agama” yang digelar oleh Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Tarbiyyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, di aula fakultas setempat, Senin (28/3).

Ketua Mahasiswa Ahli Thariqah Mu’tabarah An-Nahdliyah (MATAN) Adjid Thohir menjelaskan bahwa ISIS salah satu kelompok yang Islam yang ekstrem mempunyai doktrin yang dapat merekrut anak muda yang cerdas, termasuk para mahasiswa yang mempunyai emosionalnya tinggi tetapi awam agamanya, dan tidak berbasis pesantren.

“Akibatnya mudah mereka mudah dicuci otaknya. “Termasuk juga para preman yang baru tobat kemudian diberi konsep-konsep jihad,” ujar narasumber ahli sejarah kampus UIN Bandung itu.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tedi Priatna menegaskan mahasiswa fakultas Tarbiyyah dan Keguruan tidak akan menjadi teroris, karena cara pendidikannya sudah benar.

“Makanya saya percaya betul, salah satu faktornya munculnya radikalisme adalah adalah bagaimana cara membelajarkan dan mendidik mereka,” ujar Tedi dihadapan ratusan aktivis mahasiswa dari kalangan NU, Muhammadiyah, Persis dan PUI.

Tedi mengingatkan kepada para mahasiswa bahwa adalah hal yang tidak masuk akal ketika agama yang mengajarkan kebahagiaan, kedamaian, tiba-tiba menjadi momok yang menyeramkan, karena dianggap bisa berpotensi menjadi kejahatan atas nama agama.

Untuk pihaknya mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam mengajarkan pendidikan toleransi antarumat beragama. Sebab munculnya pemahaman radikal dan tindakan ekstrem lantaran terdapat kesalahan dalam mendidik umat beragama.

“Mudah-mudahan ini menjadi wawasan bagi mahasiswa untuk mengetahui untuk kemajuan dan syiar Islam untuk tetap menjadi Islam rahmatan lil alamin,” pungkasnya. (M. Zidni Nafi’)

Resource : http://suaradamai.com/kabar-damai/rentan-direkrut-kelompok-radikal-mahasiswa-harus-dimita-waspada-372

COMMENTS

Name

Amalan,1,Artikel,30,Berita,71,Hikmah,5,Kajian,5,Kisah,2,Pesantren,1,Situs Para Wali,2,Ulama,4,wahabi,7,
ltr
item
Islam Santri: Rentan Direkrut Kelompok Radikal, Mahasiswa Harus Dimita Waspada
Rentan Direkrut Kelompok Radikal, Mahasiswa Harus Dimita Waspada
https://4.bp.blogspot.com/-fVUMDG9uC1Q/V815_oJsqpI/AAAAAAAAAEs/AML_hdD4RmEFzKdVw5H0DdDzlXwmMitcgCLcB/s320/radikalisme-mahasiswa.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-fVUMDG9uC1Q/V815_oJsqpI/AAAAAAAAAEs/AML_hdD4RmEFzKdVw5H0DdDzlXwmMitcgCLcB/s72-c/radikalisme-mahasiswa.jpg
Islam Santri
http://www.islamsantri.com/2016/09/rentan-direkrut-kelompok-radikal.html
http://www.islamsantri.com/
http://www.islamsantri.com/
http://www.islamsantri.com/2016/09/rentan-direkrut-kelompok-radikal.html
true
1277566646578759398
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy